Minggu, 06 Desember 2009

= Pertunjukan Kolaborasi Seni Pertunjukan dan Seni Visual 'KANDASMARA' Oleh Studio 151 Yogyakarta

Pertunjukan Kolaborasi Seni Pertunjukan dan Seni Visual 'KANDASMARA' Oleh Studio 151 Yogyakarta

Studio 151 Yogyakarta bakalan mementaskan teater berjudul Kandasmara pada 10 Desember 2009, mulai pukul 19.30 WIB, di Auditorium Teater Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Jalan Parangtritis KM 6,5 Sewon Bantul Yogyakarta dan di Singapura pada 3 Januari 2009. Pertunjukan ini secara visual akan mengangkat berbagai media baik berbasis musik, tari, maupun pemeranan itu sendiri. Secara konseptual karya ini mengacu pada pertunjukan tradisional di Jawa dan Bali. Pertunjukan ini juga akan diperkuat dengan kolaborasi berupa wayang kulit dan video.

Dalam hal struktur sosok yang berkiprah di even ini, maka bisa diklasifikasikan peran Prof. Drs. Soeprapto Soedjono, M.F.A, Ph.D (Rektor ISI Yogya) sebagai pemimpin dan penggagas pertunjukan ini, Drs. Koes Yuliadi, M. Hum (Pengajar Skenario dan Video di Jurusan Teater ISI Yogya) sebagai penulis lakon Kandasmara, dan Rukman Rosadi, S.Sn (Pengajar Penyutradaraan dan Keaktoran di Jurusan Teater ISI Yogya) sebagai sutradara Kandasmara. Di samping itu adalah peran Aris Wahyudi (Pengajar Pedalangan di ISI Yogya) sebagai Aktor dan Dalang, Ketut Ardana (Pengajar Karawitan di ISI Yogya) sebagai Aktor dan Ilustrator Musik Etnis, Erwin Sudarmanto (Koordinator musisi Singapura) sebagai Ilustrator Musik, dan pemeran pendukung lainnya yang merupakan aktor muda mahasiswa dan alumnus ISI Yogya yang terdiri dari Iya, Jamal, Nana, Intan, Ali, Firli, Nur Novi, Joko, dan Arjad.



Menurut Citra Aryandari S.Sn MA selaku Pimpinan Produksi dalam pertunjukan ini secara umum pendukungnya memang memiliki keterampilan di bidang teater, wayang, musik, dan video. Sudah cukup lama mereka tergabung dalam Studio 151. Lebih jauh soal Studio 151 adalah sebuah wadah dari mahasiswa, pengajar, dan alumni Institut Seni Indonesia Yogyakarta untuk mengembangkan gagasan seni pertunjukan yang inovatif. Kelompok ini didirikan pada tahun 1995. Pertunjukan ini rencananya selain dipergelarkan di Singapura dan Indonesia juga akan dipergelarkan di Australia dan Kamboja dengan penyelenggaraan pertunjukan bekerjasama dengan KBRI setempat.

Diadakannya pertunjukan

Tidak ada komentar: