Minggu, 07 Desember 2008

=Festival Film Dokumenter 2008











Persaudaraan Dunia yang terbina lewat pertemuan budaya melalui Festival Film Dokumenter 2008.



Happy and happy, happy milik komunitas dunia, jangan takut untuk tertawa untuk menciptakan persaudaraan abadi.

-o0o-

Festival Film Dokumenter 2008

Produksi Video Kolaborasi Indonesia - Amerika
KOMUNITAS DOKUMENTER - ETNOREFLIKA - BOEMBOE - APPALSHOP / AMI

Background.

Perbedaan ( budaya, agama, adat istiadat, ras, dan lain-lain ) telah terdistorsi sedemikian rupa - melalui media yang telah menciptakan pencitraan - pencitraan terhadap kelompok manusia. Stereotype etnis ini telah sangat intensive terbentuk di kepala-kepala kita dimana kita terlanjur menilai orang lain dari berbagai sumber yang sangat terbatas untuk membentuk penilaian.

Amerika adalah sebuah negara besar dengan beraneka ragam budaya yang sangat memungkinkan terjadinya perbedaan antara budaya orang California di ujung barat dan orang New York di ujung timur. Belum lagi keadaan orang-orang di negara-negara bagian diantara keduanya. Melalui media yang kita kenal hanyalah satu, Amerika.

Indonesia, juga sebuah negara besar dengan berbagai macam budaya yang sangat memungkinkan terjadinya perbedaan - perbedaan dari berbagai suku yang ada. Apa yang terjadi di Aceng di ujung barat sangat mungkin tidak dirasakan sama sekali oleh orang-orang Papua di ujung timur.

Pemberitaan Indonesia maupun Amerika di media mengenai sebuah peristiwa di salah satu tempat seringkali membentuk oponi kita secara keseluruhan mengenai orang-orang di kedua negara ini.

Colaborative work
Kontak dengan orang-orang dari budaya yang berbeda seringkali memberi kita sebuah pengalaman yang akan mengubah sama sekali cita kita terhadap dunia yang selama ini telah terlanjur kita pahami dengan keliru. Kerja kolaborasi produksi video pendek antara orang-orang muda Indonesia (Yogyakarta) dan Amerika (Whitesburg) kali ini diharapkan mampu memberi pengalaman saling kontak langsung dengan individu-indivisu dari budaya yang berbeda yang mampu memberi sebuah pengalaman baru untuk saling memahami.

Experiencing Indonesia
Indonesia, salah satunya dikenal karena Islamnya. Pencitraan terhadap Islam melalui media diduga kuat telah terjadi dengan penuh distorsi. Melalui kerja kolaborasi ini kita akan memberi kesempatan kepada salah satu kelompok orang-orang muda Amerika untuk mengalami sendiri seperti apa Islam di Indonesia dengan membuat video pendek tentang kehidupan di Pesantren Krapyak Yogyakarta. Selain itu, musik dangdut juga dikenal sebagai musik asli Indonesia yang telah menempuh perjalanan panjang dalam sejarah musik di Indonesi, Jenis musik ini memiliki stereotipe sebagai musik kelas bawah, yang dengan berbagai cara tetap "lestari" hingga kini bahkan mengalami pergeseran makna. Kerja kolaborative ini juga memberi kesempatan kepada satu kelompok produski video untuk mengalami seperti apa pentas musik Dangdut di Purawisata dan kehidupan penyanyinya yang berasal dari golongan muda yang sejak dini telah memilih musik dangdut sebagai pilihan karirnya.

Melalui dia topik di atas kita berharap orang-orang muda Amerika mengalami Indonesia, sedangkan bagi peserta muda Indonesia aktivitas ini adalah kesempatan memaknai hal-hal yang sudah menjadi keseharian kita.

JADWAL DAN LOKASI KOLABORASI VIDEO
4 - 8 Desember 2008,
lolasi : Pondok Pesantren Ali Maksum, Krapyak dan THR Purawisata.

Tidak ada komentar: